Gubri Syamsuar Beber Program Prioritas Tahun 2023
Senin, 02 Januari 2023 - 17:36:14 WIB
 
Syamsuar
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Memantapkan Kesejahteraan Masyarakat, Pelayanan Publik dan Daya Saing Daerah yang Kompetitif, menjadi tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Riau Tahun 2023. 

Menilik dari tema tersebut, terdapat beberapa program prioritas yang telah disusun oleh pasangan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution, yakni prioritas kesejahteraan masyarakat, prioritas pelayanan publik, dan prioritas daya saing daerah. 

Adapun yang menjadi prioritas kesejahteraan masyarakat, yakni pertama pendidikan. Fokus rencana pembangunan Gubernur Syamsuar yakni meningkatkan ketersediaan akses pendidikan, meningkatkan sarana prasarana dan operasional pendidikan, meningkatkan kualitas sarana prasarana penunjang pendidikan, meningkatkan sarana prasarana menunjang mutu pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan, meningkatkan mutu peserta didik, dan meningkatkan kualitas serta relevansi pendidikan menengah dan vokasi. 

Kedua kesehatan, fokus rencana pembangunan yakni meningkatkan sarana dan prasarana unit instansi kesehatan di rumah sakit, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk perilaku hidup sehat, penyediaan jaminan kesehatan bagi masyarakat, dan penurunan stunting. 

Ketiga, kemiskinan juga menjadi prioritas Gubernur Syamsuar dalam RKPD Provinsi Riau tahun 2023, yakni intervensi terhadap penanganan kemiskinan ekstrem, penyediaan pendidikan gratis bagi masyarakat dan akses pelayanan kesehatan, menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, bantuan permodalan, dan optimalisasi dana desa. 

Keempat, ketenagakerjaan, akan difokuskan pada peningkatan nilai tambah produk (hilirisasi), peningkatan kegiatan yang bersifat padat karya, dan peningkatan sekolah formal dan informal. 

"Komponen prioritas itu menjadi perhatian kami dan akan dikerjakan oleh dinas-dinas terkait.  Sedangkan khusus dengan kemiskinan, akan kita keroyok bersama dengan seluruh OPD," kata Gubri saat melakukan Rapat Refleksi Tahun 2022 dan Rapat Awal Tahun 2023 di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (2/1/2022) dilansir mediacenterriau. 

Lalu, ada prioritas pelayanan publik.Gubri menyebut pelayana puublik tetap menjadi perhatiannya, sebab setiap tahun ada penilaian dari pemerintah pusat. 

"Pelayanan publik tetap menjadi perhatian, tentu standar kita good governance dan clean governance," imbuh Gubernur Syamsuar. Sedangkan prioritas daya saing daerah, difokuskan pada sektor industri, pertanian, perdagangan, dan Pariwisata. (rid/MCR)


 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -