Asisten I Setda Riau Kunjungi Pangkalan Pendaratan Ikan Tanjung Samak
Selasa, 11 Juli 2023 - 22:16:35 WIB
 

TERKAIT:
   
 

KEPULAUAN MERANTI, detakriau.com - Asisten I Setda Provinsi Riau, Masrul Kasmy melakukan kunjungan dan peninjauan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tanjung Samak di Desa Tanjung Samak Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (11/7/23). 

Dalam Kunjungan tersebut, Asisten I Setda Riau itu didampingi oleh Kasubbag Keuangan, Perlengkapan dan Pengelolaan Barang Milik Daerah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Nurhasna.

PPI Tanjung Samak yang dikunjungi ini mulai  dikelola Pemerintah Provinsi Riau pada tahun 2009. Sumber pendanaan pada pembangunan PPI Tanjung Samak berasal dari APBD Propinsi Riau, APBD Bengkalis dan APBN. 

Pada saat ini PPI Tanjung Samak tidak berfungsi dengan baik karena kurang dimanfaatkan oleh nelayan sekitarnya. Areal penangkapan ikan nelayan Tanjung Samak lebih dekat ke Tanjung Balai karimun, sehingga jika nelayan tersebut singgah atau membeli solar dan es di PPI Tanjung Samak akan memakan waktu lebih lama dibandingkan nelayan tersebut langsung ke Tanjung Balai Karimun. 

 Dimana  pada pelabuhan di Tanjung Balai Karimun,  nelayan tersebut membeli solar, es dan segala keperluan untuk melaut selanjutnya mereka langsung ke areal penangkapan ikan. Nelayan lebih banyak menangkap ikan di perairan  Tanjung Balai Karimun dan menjual ikan di sekitar Tanjung Balai Karimun.

Oleh sebab itu Masrul Kasmy menuturkan,  PPI seluas 20 Hektar ini dapat dilakukan pemanfaatan oleh  desa Tanjung Samak yang bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ( BumDes ) Desa Tanjung Samak untuk bisa dibuat pengembangan usaha masyarakat.

Asisten I Setda Riau itu menyampaikan bahwa Pemprov Riau akan membantu proses pemanfaatan  fungsi aset daerah ini sesuai prosedur.

Yakni dengan memfasilitasi Kepala Desa Tanjung Samak untuk bisa bertemu langsung dengan Gubernur Riau Syamsuar, agar pemanfaatan fungsi aset cepat terwujud dan langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Harapannya semoga aset ini dapat benar-benar digunakan untuk pengembangan pembangunan ekonomi masyarakat desa," ujarnya. 

Kepala Desa Tanjung Samak Saidi Roesman menyampaikan ucapan terima kasih atas Kunjungan Asisten I Setda Riau dan rombongan tersebut. 

Kemudian, dia juga menyampaikan niatnya agar  Pemprov Riau dapat  menghibahkan aset PPI ini untuk masyarakat Tanjung Samak dan Kecamatan Ransang Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kedepannya direncanakan untuk dibuat tempat penggilingan padi, tambak udang, depot air minum dan  air bersih, serta tempat penjualan minyak solar untuk masyarakat nelayan, dan lain-lain," ucapnya. 

Pada Kesempatan ini hadir Sekcam Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti Budi Cahyadi, Kapolsek Rangsang Iptu  AGD. Simamora.(*)

 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -