Pembayaran Nontunai di Bus TMP Diterapkan Mulai 16 Juli
Rabu, 12 Juli 2023 - 17:45:23 WIB
 
Bus TMP hanya akan melayani pembayaran nontunai. (foto/int)
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) mulai 16 Juli akan menerapkan pembayaran nontunai atau cashless. Terhitung tanggal tersebut, semua layanan di TMP wajib menerapkan nontunai.

Itu disampaikan Kepala UPT Bus TMP Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Sarwono. Ia mengatakan, layanan tunai hanya berlaku hingga 15 Juli mendatang. 

Setelah itu, pembayaran akan dilakukan melalui Brizzi maupun QRIS. "Hanya sampai 15 Juli kita menerima tunai, di atas tanggal itu sudah wajib nontunai. Pembayaran bisa pakai kartu Brizzi atau juga QRIS," kata Sarwono, Rabu (12/7/2023).

Hingga kini, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk pembayaran non tunai kepada masyarakat. Bahkan pihaknya sebelum ini akan melakukan sosialisasi hingga tiga bulan.

Menurutnya, sosialisasi selama tiga bulan itu bukan berarti harus bayar tunai. Karena itu, untuk mempercepat sosialisasi tersebut, pihaknya juga menjual kartu di dalam bus.

"Memang disampaikan masa sosialisasi kita tiga bulan, tapi bukan berarti selama tiga bulan itu masyarakat bisa membayar dengan tunai. Sosialisasi yang dilakukan salah satunya adalah dengan kita menjual kartu juga di dalam bus. Jadi bagi masyarakat yang tidak punya kartu bisa membelinya," jelasnya.

Ia mengaku, sejak launching pembayaran nontunai pada 23 Juni lalu, hingga kini memang masih banyak kendala yang dihadapi. Itu karena masih rendahnya kesadaran masyarakat. "Masyarakat masih banyak yang belum patuh, masih banyak yang tetap bayar pakai tunai," katanya.

Terkait penjualan kartu di dalam bus, pihaknya telah meminta BRI agar kartu Brizzi bisa dijual di dalam bus TMP. Nantinya, pramugara yang akan menjualkan di dalam bus TMP.

"Sekarang tentu tinggal keseriusan BRI dan juga masyarakat, karena kalau kami hanya sebagai pelaksana dari kebijakan bank Indonesia saja kan," ucapnya.

Dikatakannya, untuk saat ini kartu yang bisa digunakan memang hanya Brizzi. Namun kalau dompet digital bisa semua.

"Kalau kartu Brizzi itu dijual dengan harga Rp25 ribu dengan isi saldo Rp5 ribu. Jadi kartu dijual Rp20 ribu. Kami sebenarnya berharap juga agar BRI bisa menekan harga kartu supaya masyarakat tak terbebani," pungkasnya. (HRC/rid)

 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -