Selasa, 27 Februari 2024 - 14:42:44 WIB
Terkait Tunda Bayar, Kadiskominfotiks: Pihak Pemkab Rohil Sedang Memprosesnya

Kamis, 01 Februari 2024 - 23:53:16 WIB
Video Viral Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam, Ini Klarifikasinya

Kamis, 01 Februari 2024 - 20:02:22 WIB
Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam Saat Acara Pelantikan Kades

Jumat, 26 Januari 2024 - 01:22:19 WIB
Masyarakat Rimba Melintang Rohil Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubri Edy Nasution

Jumat, 12 Januari 2024 - 18:53:56 WIB
Viral Pembongkaran Tiang Reklame, Satpol PP Rohil Tegaskan Peran dalam Penegakan Perda

Jumat, 29 Desember 2023 - 18:04:02 WIB
Dana Publikasi di Diskominfotiks Rohil Cair

Kamis, 23 November 2023 - 23:34:48 WIB
Kabupaten Rohil Dapat Bantuan 22 Titik Perangkat VSAT Tele Sat dari Kementerian Kominfo

Senin, 20 November 2023 - 21:06:05 WIB
Ketua FPR Pertanyakan Anggaran Perubahan Rohil Tak Kunjung Terbit, Ada Apa?

Senin, 30 Oktober 2023 - 13:10:32 WIB
Industri Keuangan dan UMKM Ramaikan HUT Rohil ke-24 dan Bulan Inklusi Keuangan

Kamis, 21 September 2023 - 21:43:07 WIB
Digelar AJI dan PHR, Perangkat Desa di Bangko Pusako Rohil Ikuti Pelatihan Melacak Hoaks

 
Suwandi: Pencegahan Karlahut Sangat Penting
Rabu, 08 Februari 2017 - 17:30:38 WIB
 
   

BAGANSIAPIAPI (DetakRiau.com)-Kebakaran hutan dan lahan merupakan salah satu menimbulkan banyak faktor apa lagi tanah tersebut gambut tentu hal ini menyebabkan polusi udara dan berdampak langsung bagi masyarakat yang tinggal disekitar wilayah hutan baik yang dekat ataupun yang tinggal puluhan kilometer dari lokasi kebakaran.sebab Asap yang ditimbulkan dapat tersebar lebih dari puluhan kilometer dan mengakibatkan juga meningkatnya jumlah korban akibat ISPA (infeksi saluran pernapasan) hingga bisa merugikan negara secara ekonomi lantaran bisa mengganggu berbagai aktivitas.

Menanggapi hal ini,dalam rangka siaga karlahut sebagai dinas pengelola di bidang lingkunga hidup sangat peduli sehingga bersinergitas  berperan aktif untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan dengan mekanismenya adalah melalui penyebarluasan himbauan kepada masyarakat melalui camat serta penghulu se Kabupaten Rokan Hilir.

'Ini kita lakukan agar seluruh masyakat kita tau bagaimana caranya menghindari terjadinya karlahut pada tahun 2017 ini,' kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suwandi,S, Sos selasa(7/2/2017)di Bagan SiApiApi, sebagaimana dilansir RiauAndalas.com.

Menurut Suwandi,mekanisme himbauan pencegahan Karlahut itu pihaknya akan komprehensif mengedarkan ke masyarakat dalam bentuk spanduk, Baleho dan banner supaya yang tidak tahu menjadi tahu.

Beliau berharap dengan adanya himbauan masyarakat tersebut tentunya memotivasi untuk  meningkatkan kesadaran akan arti pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta bahaya yang ditimbulkan apabila terjadi kerusakan lingkungan baik dari segi sosial  budaya maupun ekonomi.

'Pencegahan Karlahut ini sangat penting kita lakukan bersama sama karena efek sampingnya berbagai faktor yang dialami oleh masyarakat baik dari penyakit maupun yang lain-lain makanya kita konsekuensi dalam pencegahan Karlahut ini,' tegas Suwandi.

Selain himbauan yang dilontakan Dinas Lingkungan Hidup Rohil Disamping itu juga siap membantu apabila terjadi kebakaran lahan dan hutan dengan menyiagakan regu perduli api baik personil maupun peralatan yang dimiliki pihaknya.

'Kita berhrap dengan adanya kerja sama yang baik semua pihak baik itu stekholder pihak kepolisian dan TNI dan kecamatan serta  kepenghuluan termasuk  masyarakat hingga pelaku dunia usaha yang bergerak dibidang perkebunan kebakran lahan dan hutan di Rohil tahun  ini dapat di tekan dan berkurang dari tahun sebelumnya,' pungkasnya. (e2)

(f: rac)

 
Home | Pemkab Rokan Hilir
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR © 2015