Kamis, 01 Februari 2024 - 23:53:16 WIB
Video Viral Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam, Ini Klarifikasinya

Kamis, 01 Februari 2024 - 20:02:22 WIB
Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam Saat Acara Pelantikan Kades

Jumat, 26 Januari 2024 - 01:22:19 WIB
Masyarakat Rimba Melintang Rohil Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubri Edy Nasution

Jumat, 12 Januari 2024 - 18:53:56 WIB
Viral Pembongkaran Tiang Reklame, Satpol PP Rohil Tegaskan Peran dalam Penegakan Perda

Jumat, 29 Desember 2023 - 18:04:02 WIB
Dana Publikasi di Diskominfotiks Rohil Cair

Kamis, 23 November 2023 - 23:34:48 WIB
Kabupaten Rohil Dapat Bantuan 22 Titik Perangkat VSAT Tele Sat dari Kementerian Kominfo

Senin, 20 November 2023 - 21:06:05 WIB
Ketua FPR Pertanyakan Anggaran Perubahan Rohil Tak Kunjung Terbit, Ada Apa?

Senin, 30 Oktober 2023 - 13:10:32 WIB
Industri Keuangan dan UMKM Ramaikan HUT Rohil ke-24 dan Bulan Inklusi Keuangan

Kamis, 21 September 2023 - 21:43:07 WIB
Digelar AJI dan PHR, Perangkat Desa di Bangko Pusako Rohil Ikuti Pelatihan Melacak Hoaks

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20:12 WIB
Bincang-bincang Bupati Afrizal Sintong dengan Yopi Arianto, Ternyata ini yang Dibahas

 
SISTEM PENGELOLAAN AIR MINUM (SPAM)
Pemkab Rohil dan Pemprov Gesa Pembangunan SPAM Untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga
Minggu, 22 Oktober 2017 - 20:52:39 WIB
 
   

Rokan Hilir (DetakRiau.com) - Ketersediaan air bersih menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir Saat ini dalam mensejahterakan masyarakat, demi mewujudkan akan hal tersebut pemerintah Daerah Rokan Hilir dan pemerintah Provinsi Riau menggesa pembangunan Sistim penggelolaan Air minum (SPAM)Regional Durolis yang ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan SPAM oleh Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman di Jalan Iku, Kepenghuluan Melayu Besar, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hillir, Provinsi Riau,

Seperti diketahui SPAM Regional merupakan upaya guna mempermudah masyarakat memperoleh kebutuhan akan air minum dan air baku di lintas kabupaten, kota, yang menaungi tiga kabupaten kota diantaranya Kabupaten Rohil, Kota Madya Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

Pembangunan SPAM Regional Durolis ini direncanakan memiliki kapasitas sebesar 1600 liter/detik yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap I sebesar 400 liter/detik ini akan dimulai pembangunannya pada TA. 2017 dan akan melayani Kabupaten Rokan Hilir tahap pertama (Tanah Putih TJ Melawan, Rimba Melintang, Bangko Pusako)

Sementara untuk Kota Dumai serta Kabupaten Bengkalis (Mandau, Pinggir) dengan masing-masing jumlah sambungan rumah yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR. dengan bahan baku yang bersumber dari Sungai Rokan yang telah teruji kelayakannya utk digunakan air minum, Tahap I ini akan menelan biaya kurang lebih Rp 800 Milliar yang didanai bersama oleh APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota masing masing.

 

Direktur Pengembangan Sumber Daya Air, Ir Muhammad Sundoro menjelaskan, SPAM Regional Durolis ini nantinya akan memiliki kapasitas 1.600 liter per detik di bagi menjadi tiga tahap. Tahap satu 400 liter perdetik akan di mulai pada Tahun Anggaran 2017 yang melayani 6 Kecamatan di Kota Dumai, yakni Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur dan Dumai Selatan.
 

Kabupaten Rokan Hillir ada tiga, diantaranya Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kecamatan Rimba Melintang dan Kecamatan Bangko Pusako. Sedangkan Kabupaten Bengkalis berada di Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir.


Dengan rincian sambungan rumah (SR), Kota Dumai 1500 rumah, Rokan Hilir 10.000 rumah, dan Kabupaten Bengkalis 15.000 rumah. Sumber air akan diambil dari aliran air Sungai Rokan di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih Tanjung melawan.

 
Dalam pidato sambutanya, Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengemukakan usulan terkait penamaan SPAM yang telah ditetapkan oleh pemerintah provinsi dengan nama SPAM DUROLIS (Dumai,Rohil,Bengkalis) agar diganti menjadi RODULIS yg bermakna Rokan hilir, Dumai dan Bengkalis. Mengginggat penempatan SPAM terletak di Kabupaten Rokan Hilir, dan  Hal ini merupakan saran dari para anggota DPRD provinsi Riau Daerah pemilihan Rokan Hilir, DPRD Rohil serta para tokoh masyarakat.

 
Dalam rangkaian acara peletakan batu pertama pembangunan SPAM DUROLIS juga ditandai dengan penyembelihan satu ekor kambing jantan berwarna hitam, serta pembacaan ayat-ayat suci Alquran dan

 
Dilokasi juga dilakukan penandatanganan naskah hibah dan berita acara serah terima hibah barang milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hillir untuk pembangunan Kantor Mapolsek Tanah Putih Tanjung Melawan oleh Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno kepada Kapolres Rokan Hilir, AKBP Hendri Posma Lubis Sik, penyerahan dokumen kesepakatan/Memorandum of Understanding (Mou) SPAM Regional oleh Gubernur Provinsi Riau, Arsyadjuliandi Rachman kepada Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno, Wali Kota Dumai Zulkifli AS, dan Bupati Kabupaten Bengkalis Amril Mukminin S.E.

 Penyerahan dokumen kerjasama turut disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Nasrudin Hasan, Wakil Ketua DPRD Rohil Abdul Kosim S.E, Plt Sekwan DPRD Rohil Firdaus turut didampingi beberapa anggota DPRD Rohil lainya. Ketua DPRD Kota Dumai, Suprianto, anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Rohil, Kamila Sari, Asri Auzar, Siswadja Maljadi (Asing) dan Manahara Manurung serta seluruh jajaran Forkopimda dari masing masing daerah. (advetorial)

 
Home | Pemkab Rokan Hilir
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR © 2015