Kamis, 01 Februari 2024 - 23:53:16 WIB
Video Viral Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam, Ini Klarifikasinya

Kamis, 01 Februari 2024 - 20:02:22 WIB
Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam Saat Acara Pelantikan Kades

Jumat, 26 Januari 2024 - 01:22:19 WIB
Masyarakat Rimba Melintang Rohil Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubri Edy Nasution

Jumat, 12 Januari 2024 - 18:53:56 WIB
Viral Pembongkaran Tiang Reklame, Satpol PP Rohil Tegaskan Peran dalam Penegakan Perda

Jumat, 29 Desember 2023 - 18:04:02 WIB
Dana Publikasi di Diskominfotiks Rohil Cair

Kamis, 23 November 2023 - 23:34:48 WIB
Kabupaten Rohil Dapat Bantuan 22 Titik Perangkat VSAT Tele Sat dari Kementerian Kominfo

Senin, 20 November 2023 - 21:06:05 WIB
Ketua FPR Pertanyakan Anggaran Perubahan Rohil Tak Kunjung Terbit, Ada Apa?

Senin, 30 Oktober 2023 - 13:10:32 WIB
Industri Keuangan dan UMKM Ramaikan HUT Rohil ke-24 dan Bulan Inklusi Keuangan

Kamis, 21 September 2023 - 21:43:07 WIB
Digelar AJI dan PHR, Perangkat Desa di Bangko Pusako Rohil Ikuti Pelatihan Melacak Hoaks

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20:12 WIB
Bincang-bincang Bupati Afrizal Sintong dengan Yopi Arianto, Ternyata ini yang Dibahas

 
Pemkab Rohil Pasang 3 CCTV di Bagansiapiapi untuk Penerapkan Smart City
Senin, 01 Mei 2023 - 17:49:52 WIB
 

   

BAGANSIAPIAPI, detakriau.com - Pemkab Rohil sepertinya benar-benar serius untuk menjadikan Bagansiapiapi sebagai Smart City atau kota pintar, sesuai dengan pernyataan yang pernah dikemukakan Bupati Rohil, Afrizal Sintong melalui Kadiskominfotik Rohil, Indra Gunawan SE MH belum lama ini dimana PT Icon Plus selaku salah satu anak perusahaan BUMN yang bekerjasama dengan Pemkab Rohil akan memasang CCTV di Kota Bagansiapiapi untuk tahap awal.

Kadiskominfotik Rohil, Indra Gunawan melakukan peninjauan lokasi persiapan peresmian Zero Point Smart City Bagansiapiapi tepatnya di depan Gedung Dekranasda Kabupaten Rohil di Jalan Merdeka, Sabtu (29/4/2023).

"Zero Point smart city ini merupakan program bupati agar kota bagansiapiapi dapat meningkatkan pelayanan publik di bidang digitalisasi terutama pengawasan kenyamanan masyarakat dan menjadi bagian dari salah satu kota cerdas di Indonesia," terang Indra.

Peresmian Zero Point Smart City merupakan kerjasama Pemkab Rohil dengan pihak PT Icon Plus Indonesia. Dimana pihak Icon Plus mendukung secara penuh dengan melakukan penanaman tiang lengkap dengan tiga unit CCTV beresolusi tinggi.

"Perangkat tiang, tiga unit CCTV dan bandwith internet murni dari pihak icon plus tanpa adanya pembiayaan sepeserpun yang dikeluarkan dari dana APBD Rohil," aku Indra.

Dengan pemasangan tiga unit CCTV ini diharapkan kejayaan Bagansiapiapi tempo dulu dapat terulang kembali di jaman digitalisasi ini.

"Tentunya dengan pola digital dan kota cerdas. Kita sangat beruntung karna pihak PT icon plus indonesia bersedia menjadikan kota Bagansiapiapi sebagai salah satu pilot project smart city di Indonesia," tuturnya.

"Semoga kedepan pelayanan publik serta kenyamanan masyarakat di Kabupaten Rohil khususnya kota Bagansiapiapi dapat lebih ditingkatkan dengan penambahan titik baru CCTV ini," harap Indra.

Bukan sekadar mengikuti tren semata, Smart City menerapkan serangkaian upaya inovatif dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi ekosistem kota dan memiliki misi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat.

Diskominfotik Rohil sebagai OPD yang membidangi program tersebut sebelumnya telah melakukan lobi terhadap pihak PT Icon Plus Indonesia sehingga hari ini telah dipasang CCTV di tiga titik pada kota Bagansiapiapi.

Smart City terang Indra, pada intinya merupakan konsep pengelolaan kota yang berbasis TIK agar kota menjadi lebih cerdas dan efisien di dalam pemanfaatan berbagai sumberdaya yang ada, serta meningkatkan pelayanan dan kualitas kehidupan masyarakat kota. (HRC/KR9)


 
Home | Pemkab Rokan Hilir
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR © 2015