Kamis, 01 Februari 2024 - 23:53:16 WIB
Video Viral Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam, Ini Klarifikasinya

Kamis, 01 Februari 2024 - 20:02:22 WIB
Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam Saat Acara Pelantikan Kades

Jumat, 26 Januari 2024 - 01:22:19 WIB
Masyarakat Rimba Melintang Rohil Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubri Edy Nasution

Jumat, 12 Januari 2024 - 18:53:56 WIB
Viral Pembongkaran Tiang Reklame, Satpol PP Rohil Tegaskan Peran dalam Penegakan Perda

Jumat, 29 Desember 2023 - 18:04:02 WIB
Dana Publikasi di Diskominfotiks Rohil Cair

Kamis, 23 November 2023 - 23:34:48 WIB
Kabupaten Rohil Dapat Bantuan 22 Titik Perangkat VSAT Tele Sat dari Kementerian Kominfo

Senin, 20 November 2023 - 21:06:05 WIB
Ketua FPR Pertanyakan Anggaran Perubahan Rohil Tak Kunjung Terbit, Ada Apa?

Senin, 30 Oktober 2023 - 13:10:32 WIB
Industri Keuangan dan UMKM Ramaikan HUT Rohil ke-24 dan Bulan Inklusi Keuangan

Kamis, 21 September 2023 - 21:43:07 WIB
Digelar AJI dan PHR, Perangkat Desa di Bangko Pusako Rohil Ikuti Pelatihan Melacak Hoaks

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20:12 WIB
Bincang-bincang Bupati Afrizal Sintong dengan Yopi Arianto, Ternyata ini yang Dibahas

 
Bakar Tongkang di Rokan Hilir, Tiang Kapal Jatuh ke Arah Laut
Rabu, 05 Juli 2023 - 01:49:40 WIB
 

   

ROHIL, detakriau.com – Puluhan ribu wisatawan manca negara maupun wisatawan lokal padati acara puncak ritual Bakar Tongkang di Rokan Hilir, Provinsi Riau. Replika kapal tongkang mulai diarak dari Kelenteng In Hok King menunju lokasi pembakaran di Jalan Perniagaan, Selasa (4/7/2023).

Arak-arakan replika kapal tongkang tersebut secara langsung diikuti Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, anggota komisi 3 DPR RI Arteria Dahlan, Katim Sumatra Wilayah I Kemenparekraf, Joko Suharbowo, Danrem 031/WB, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, S.A.P, Kapolda Riau diwakili Waka Polda Riau, Brigjen. Pol. Drs. Kasihan Rahmadi,SH.,MH, Dansat Brimob Polda Riau, Kombes Pol Ronny Lumban Gaol, SIK, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, dan Wabup Rohil H Sulaiman SS MH.

Kemudian Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara S.IP, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto serta berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa Festival Bakar Tongkang ini telah masuk di kalender nasional sebagai salah satu wisata yang terdapat di Provinsi Riau. Even budaya warisan leluhur masyarakat Tionghoa ini mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan setiap tahunnya ke negeri yang berjuluk Seribu Kubah itu.

Wisata Bakar Tongkang atau dikenal dengan perayaan ulang tahun Dewi Ki Hu Ong Ya ini tujuannya adalah untuk menentukan arah rezeki bagi masyarakat Tionghoa.

"Event Festival Bakar Tongkang ini sudah mendunia, dan ini merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh Pemkab Rohil. Ritual ini setiap tahunnya membuat Kota Bagansiapiapi dipenuhi lautan manusia, " kata Afrizal, dilansir cakaplah.com.

Pelaksanaan Festival Bakar Tongkang ini setiap tahunnya, lanjut Afrizal Sintong, terlaksana berkat kekompakan etnis Tionghoa dan Pemkab Rohil serta campur tangan dari pengusaha sukses, Sugianto alias Raja Baut.

"Semuanya ini tentunya telah kita persiapkan sejak lama, sehingga acara bisa berjalan sukses seperti apa yang kita lihat sekarang, "katanya.

Bupati menjelaskan tentang acara Bakar Tongkang yang telah berhasil menarik minat wisatawan domestik maupun manca negara.

Bupati juga mengatakan bahwa kehadiran wisatawan dari luar negeri dan lainnya, dalam acara ini telah memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, terutama dalam sektor perhotelan yang kini penuh sesak. "Ini sungguh luar biasa!," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, menyampaikan bahwa acara Bakar Tongkang sempat tertunda karena pandemi yang melanda. Namun, kini, acara ini telah kembali menggelora dan memukau banyak orang. Gubernur juga menekankan bahwa acara Bakar Tongkang telah menjadi bagian dari agenda Wisata Nasional. Dalam kesempatan ini, Gubernur meminta Bupati untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat.

"Saat ini, ekonomi kreatif telah menjadi gerakan nasional, dan dengan adanya acara Bakar Tongkang, kita berharap dapat melahirkan pelaku-pelaku ekonomi baru," ujarnya penuh harapan.

Gubernur berharap bahwa acara ritual Bakar Tongkang pada tahun-tahun mendatang akan semakin menggairahkan dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Ia pun melihat dengan penuh kagum bahwa Kelenteng Ing Hok King telah menjadi cagar budaya nasional yang mempesona.

Sementara itu, Anggota DPR RI dari PDI-P, H. Arteria Dahlan,ST,SH,MH mengatakan kalau Festival Bakar tongkang ini merupakan event nasional yang setiap tahunnya dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hilir. Dimana event ini merupakan salah satu budaya masyarakat Tionghoa yang ada di Provinsi Riau. Di belahan dunia, festival ini hanya ada di Kota Bagansiapiapi, Rohil, Riau, "katanya.

Tepat pukul 17.00 Wib Bupati Rohil Afrizal didampingi Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman, Kadispora Riau, sejumlah anggota DPRD Rohil, Sugianto alias raja Baut, dan pejabat penting lainnya menaiki replika kapal tongkang dengan menyapa puluhan ribu wisatawan yang ada di lokasi pembakaran replika kapal tongkang.

Lebih kurang 30 menit replika tongkang itupun habis terbakar. Dimana detik -detik yang ditunggu oleh masyarakat Tionghoa pun tiba, kedua tiang tongkang jatuh ke arah laut yang menandakan kalau rezeki tahun 2023 ini lebih banyak di laut.(rid/CKP)

 
Home | Pemkab Rokan Hilir
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR © 2015