PEKANBARU, detakriau.com - Ketua Forum Pemred Riau (FPR), Rahmat Handayani mempertanyakan belum  kunjung terbitnya Dokumen Anggaran Perubahan Rokan Hilir Tahun 2023.  Padahal, APBD P sudah disahkan awal O"> PEKANBARU, detakriau.com - Ketua Forum Pemred Riau (FPR), Rahmat Handayani mempertanyakan belum  kunjung terbitnya Doku" />
 
 


Kamis, 01 Februari 2024 - 23:53:16 WIB
Video Viral Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam, Ini Klarifikasinya

Kamis, 01 Februari 2024 - 20:02:22 WIB
Bupati dan Wabup Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam Saat Acara Pelantikan Kades

Jumat, 26 Januari 2024 - 01:22:19 WIB
Masyarakat Rimba Melintang Rohil Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubri Edy Nasution

Jumat, 12 Januari 2024 - 18:53:56 WIB
Viral Pembongkaran Tiang Reklame, Satpol PP Rohil Tegaskan Peran dalam Penegakan Perda

Jumat, 29 Desember 2023 - 18:04:02 WIB
Dana Publikasi di Diskominfotiks Rohil Cair

Kamis, 23 November 2023 - 23:34:48 WIB
Kabupaten Rohil Dapat Bantuan 22 Titik Perangkat VSAT Tele Sat dari Kementerian Kominfo

Senin, 20 November 2023 - 21:06:05 WIB
Ketua FPR Pertanyakan Anggaran Perubahan Rohil Tak Kunjung Terbit, Ada Apa?

Senin, 30 Oktober 2023 - 13:10:32 WIB
Industri Keuangan dan UMKM Ramaikan HUT Rohil ke-24 dan Bulan Inklusi Keuangan

Kamis, 21 September 2023 - 21:43:07 WIB
Digelar AJI dan PHR, Perangkat Desa di Bangko Pusako Rohil Ikuti Pelatihan Melacak Hoaks

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20:12 WIB
Bincang-bincang Bupati Afrizal Sintong dengan Yopi Arianto, Ternyata ini yang Dibahas

 
Ketua FPR Pertanyakan Anggaran Perubahan Rohil Tak Kunjung Terbit, Ada Apa?
Senin, 20 November 2023 - 21:06:05 WIB
 

   

PEKANBARU, detakriau.com - Ketua Forum Pemred Riau (FPR), Rahmat Handayani mempertanyakan belum  kunjung terbitnya Dokumen Anggaran Perubahan Rokan Hilir Tahun 2023.  Padahal, APBD P sudah disahkan awal Oktober lalu. Situasi ini menurutnya bisa memperlambat kerja OPD, dimana setiap OPD harus menyelesaikan semua kegiatan dan pekerjaan sebelum tutup tahun.

Menurut Rahmat, Senin (20/11/23), ia mendengar langsung kutipan dari beberapa OPD di media yang mengkhawatirkan kondisi ini.  Diantaranya Dinas PUPR, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian dan Dinas Kominfo. Karena mereka lah ujung tombak program kerja Bupati Aprizal Sintong.

Di sisi lain mereka digesa untuk menuntaskan semua program dan kegiatan di akhir tahun ini, tetapi hingga kini mereka belum menerima dokumen anggaran perubahan. Karenanya OPD tidak bisa melanjutkan atau memulai kegiatan sampai saat ini.

"Rata-rata OPD pasti nya mencemaskan situasi ini. Belum lagi proyek-proyek strategis Rohil di Dinas PU yang terkait infrastruktur, yang harus digesa pekerjaannya," ujar Rahmat.

Jika situasi ini tak segera diatasi, hal ini menurut Rahmat bisa menghantam kawan-kawan media yang menjalin kerja sama dengan Kominfo. Sebab, media  sudah mengerjakan kegiatan publikasinya di OPD Kominfo dan harus segera dibayar.

"Tetapi kalau situasi seperti ini membuat kita bertanya-tanya juga,  apakah pembayaran pekerjaan media tidak akan terkendala nanti?," ujar Rahmat.

Rahmat meminta pihak terkait seperti BPKAD terbuka dan tidak ada yang ditutupi, agar tidak menimbulkan pertanyaan-pertanyaan tentang APBD P Rohil.

Sayangnya Kepala BPKAD Rohil saat dikonfirmasi wartawan, Senin (20/11/23) via whatsapp belum menjawab. 

Menurut Rahmat, apa yang terjadi saat ini tidak sesuai dengan harapan Bupati Rohil Afrizal Sintong yang menginginkan percepatan penggunaan APBD P, untuk menggesa semua kegiatan sebelum tutup tahun.

"Ini tentu tidak sesuai dengan harapan bapak bupati saat pengesahan APBD P, awal Oktober lalu. Dimana pak bupati saat itu langsung meminta seluruh OPD selaku pengguna anggaran untuk segera mempersiapkan seluruh administrasi prosedur teknis dan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan," jelas Rahmat.

Kekhawatiran Bupati Sintong itu menurut Rahmat bisa dimaklumi. Sebab apa yang telah dianggarkan menjadi kewajiban yang melekat pada masing-masing OPD, dan harus dipertanggungjawabkan oleh perangkat daerah. Baik progres, manfaat, maupun dampaknya bagi pembangunan Kabupaten Rohil secara umum.

Seperti diketahui, APBD Perubahan Rohil pada 2 Oktober lalu disahkan sebesar Rp2,4 triliun.
Tim Banggar DPRD Rohil Amansyah, pada penyampaiannya menyebutkan, kenaikan anggaran tersebut dari APBD murni sebelumnya yang Rp2,1 triliun. Atau bertambah sebesar Rp292 miliar lebih.*


 
Home | Pemkab Rokan Hilir
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR © 2015